Posted on

Kunci Sukses ala CEO Alibaba

Dibutuhkan orang langka untuk mengumpulkan total kekayaan bersih lebih dari $ 40 miliar melalui etos kerja yang berbakti sambil mempertahankan rasa perspektif. Jack Ma adalah salah satu dari orang-orang itu. Pendiri dan CEO Alibaba, salah satu portal web e-commerce terkemuka di dunia, adalah salah satu orang terkaya di dunia. Tetapi, ia tidak membiarkan keberhasilan mengaburkan visinya untuk masa depan atau pengakuannya dari mana ia berasal. Kunci kesuksesan Jack benar-benar bisa menginspirasi semua orang dari calon miliarder hingga pemilik bisnis terkecil.

1. Dia selalu menghargai perilaku

Ketika Jack Ma berbicara tentang kesalahan terbesar yang pernah dia buat, dia menjelaskan bagaimana ketika dia mendirikan Alibaba dia mengatakan kepada timnya bahwa level tertinggi yang bisa mereka capai adalah manajer, dan eksekutif itu harus dipekerjakan dari luar. Jack Ma telah belajar dari pelajarannya dan sekarang menekankan pentingnya sikap dan hasrat terhadap keterampilan teoritis.

2. Dia menggabungkan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama

Jack Ma memahami bahwa tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, Anda tidak akan pernah bisa meyakinkan setiap karyawan, mitra bisnis, dan calon investor untuk mempercayai Anda atau mempercayai apa yang Anda katakan. Menerima itu dan mengubah pendekatan Anda adalah kunci lain untuk keberhasilan yang luar biasa. Daripada menyatukan perusahaannya di bawah visi satu orang, dia menyatukan mereka di bawah tujuan bersama. Visi lebih penting daripada pemimpin.

3. Dia memiliki pandangan ke depan

Jack Ma percaya bahwa seorang pemimpin yang baik harus memiliki pandangan ke depan. Dia harus mencoba untuk tetap selangkah lebih maju dari kompetitor dan mengantisipasi bagaimana keputusan akan bermain di depan orang lain. Meluangkan waktu untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan mengikuti intuisi informasi adalah ciri khas dari setiap pemimpin bisnis yang hebat.

4. Dia menyewa orang dengan keterampilan terbaik

Ketika ditanya apa yang membedakan seorang pemimpin dari seorang karyawan, lalu Jack Ma mengatakan, “Karyawan Anda harus memiliki keterampilan teknis yang lebih baik daripada Anda. Jika tidak, itu berarti Anda telah mempekerjakan orang yang salah. “Fokus pada keterampilan karyawan dan mempekerjakan orang yang tahu cara melaksanakan visi Anda, itu adalah pilar penting dari setiap perusahaan besar.

5. Dia adalah sosok yang tangguh

Selain pandangan ke depan, Jack Ma mengatakan para pemimpin harus gigih dan memiliki visi yang jelas. Mengetahui apa yang ingin dicapai dan memiliki dorongan untuk mengejarnya tidak hanya akan menempatkan Anda pada jalur menuju kesuksesan, itu akan mengilhami orang-orang di sekitar Anda untuk bekerja keras demi tujuan bersama itu. Merasa bangga dengan pekerjaan Anda dan tidak mengambil jawaban adalah kunci filosofi bisnisdari Jack Ma.

6. Dia mendefinisikan kegagalan sebagai motivasi

Menurut Jack Ma, “menyerah adalah kegagalan terbesar.” Jika Anda pergi keluar, cobalah yang terbaik. Seperti semua pemimpin hebat, Jack Ma mengakui bahwa seseorang dapat belajar paling banyak dari rintangan dan kesulitan. Kunci sukses mereka adalah tekun dan belajar dari kesalahan Anda.

7. Dia mencintai kehidupan

“Saya selalu mengatakan pada diri sendiri bahwa kita dilahirkan di sini untuk tidak bekerja, tetapi untuk menikmati hidup. Jika Anda menghabiskan seluruh hidup Anda bekerja, Anda pasti akan menyesalinya. ”Sentimen ini terletak di jantung gaya hidup Jack Ma. Hidup adalah untuk mengalami dunia dan membantu orang lain. Jika uang adalah tujuan Anda, Anda harus mengubah pola pikir Anda.

8. Dia tidak membuat musuh

Salah satu aspek paling unik dari filosofi bisnis Jack Ma adalah gagasan persaingan yang bersahabat. Jack Ma tidak melihat kompetitornya sebagai musuh, tetapi mereka adalah teman yang dapat dia pelajari dan yang menantangnya untuk mencapai potensi penuhnya.

Jika Anda bisa mengikuti perilaku dari Jack Ma tersebut, dijamin Anda juga bisa memiliki bisnis yang sama suksesnya seperti Jack Ma. Nah, kalau Anda ingin bisnis Anda bisa terus berjalan dengan lancar, Anda dapat bergabung dengan Temindo. Temindo siap untuk membantu menyediakan solusi otomasi untuk bisnis Anda.

Sumber: http://www.asianentrepreneur.org/jack-mas-keys-success/

Posted on

Jangan Hanya Menunggu, Teruslah Bergerak!

Memulai dan menumbuhkan bisnis akan terasa sangat luar biasa. Anda akan memiliki berbagai macam hal dalam daftar tugas Anda, dan tampaknya tidak akan ada waktu cukup untuk menyelesaikan semua hal itu.

Meskipun sudah bekerja keras dan selalu sibuk, Anda masih saja tidak membuat kemajuan dari yang ingin Anda buat. Tidak peduli apa pun yang sudah Anda coba, sepertinya Anda akan memikul rintangan yang berat. Anda tidak semakin dekat untuk membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya. Anda pasti selalu disibukkan dengan kehidupan rumah dan segala hal yang perlu Anda capai. Namun pasti ada sesuatu hal yang tidak ingin Anda pikirkan atau akui. Dengan adanya kesibukan dalam hidup Anda dapat membantu menjaga pikiran-pikiran tersebut menghilang dari pikiran Anda.

Jika Anda bergerak dengan lambat, Anda akan menyadari alasan mengapa Anda tidak membuat kemajuan, itu karena Anda hanya diam untuk menunggu izin atau kesempatan itu tiba.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda tidak perlu menunggu izin atau keadaan yang tepat, dan mengapa Anda memiliki apa yang diperlukan untuk membangun bisnis dan gaya hidup impian Anda.

1. Anda memiliki apa yang Anda butuhkan untuk sukses.

Lihatlah di sekeliling Anda. Teknologi luar biasa dan kekuatan Internet adalah bagian dari kehidupan sehari-hari dari seorang pengusaha. Kemajuan ini telah menyingkirkan cara lama dan memberi Anda izin yang diperlukan untuk membangun bisnis sendiri. Anda tidak harus menunggu kredensial atau validasi yang tepat dari sumber luar. Pengalaman hidup, teknologi, media sosial, dan Internet menawarkan apa yang Anda butuhkan untuk menciptakan bisnis yang berkembang.

2. Peluang berlimpah.

Setiap hari ada 2,5 miliar orang yang menggunakan Internet. Jika Anda ingin memulai atau menumbuhkan bisnis Anda, internet menawarkan Anda banyak kemungkinan yang meyakinkan. Anda dapat menjangkau mereka di mana mereka berada dan dalam cara mereka akan merespon. Anda dapat menunjukkan kepada mereka bagaimana Anda dapat membantu mereka dengan perjuangan terbesar mereka.

3. Hidup itu singkat.

Menunggu izin adalah bentuk lain dari keyakinan yang membatasi diri. Ini adalah alasan yang menjauhkan Anda dari kehidupan dan bisnis yang luar biasa yang dapat Anda miliki. Setiap pengusaha sukses dapat memberi tahu Anda bahwa kesuksesan dimulai dengan pola pikir yang benar.

Anda memiliki apa yang Anda butuhkan untuk mengalahkan keraguan, ketakutan, dan keyakinan yang membatasi diri. Anda harus mengabaikan para penentang yang memberi tahu Anda untuk melalui beberapa proses yang rumit. Gunakan apa yang sudah tersedia untuk menciptakan kebebasan nyata dalam hidup dan bisnis Anda.

Beberapa bisnis terbesar lahir ketika seorang pengusaha mengabaikan apa yang dianggap “normal” dan mengejar apa yang mereka percayai. Berhenti menunggu izin dan lakukan semua hal yang ingin Anda lakukan dalam bisnis dan kehidupan Anda.

Nah, jika Anda  bisa memanfaatkan peluang yang ada disekitar Anda tanpa harus menunggu, dijamin bisnis Anda akan berjalan dengan lancar, dan jika Anda masih merasa kesulitan dengan menjalankan bisnis Anda, Anda dapat bergabung dengan Temindo. Temindo siap untuk membantu menyediakan solusi otomasi untuk bisnis Anda.

Sumber: https://www.entrepreneur.com/article/244648

Posted on

Ide Bisnis yang Bisa Anda Lakukan Setelah Pensiun

Buat Anda yang merupakan seorang pegawai kantoran, pasti Anda akan menghadapi masa-masa untuk pensiun, dimana Anda sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut. Tapi tenang saja, jika Anda masih memiliki semangat untuk bekerja, Anda bisa mulai untuk membangun bisnis Anda sendiri setelah Anda pensiun. Maka dari itu, sebelum Anda memasuki masa pensiun Anda, ada baiknya untuk Anda mempersiapkan tabungan untuk membuka bisnis setelah Anda pensiun. Ada banyak bisnis yang bisa Anda lakukan di saat pensiun.

Ini dia beberapa contoh peluang bisnis yang bisa Anda lakukan setelah pensiun,

  • Bisnis kosan atau rumah kontrakan

Bisnis ini terlihat sangat menjanjikan apalagi buat Anda yang tinggal di kota besar atau yang tinggal di dekat wilayah perkuliahan atau perkantoran. Meskipun bisnis ini membutuhkan modal yang sangat besar tapi bisnis ini juga bisa memberikan pemasukkan secara konsisten yang bisa menguntungkan Anda.  

  • Bisnis waralaba

Dalam bisnis waralaba, hampir semua aspek yang diperlukan untuk mulai usaha sudah disiapkan oleh pemilik brand waralaba tersebut. Anda hanya membutuhkan modal untuk membeli paket waralaba dan mencari lokasi untuk berjualan. Ada banyak jenis waralaba, baik yang bisa dilakukan dalam skala kecil ataupun skala besar. Waralaba skala kecil bisa dilakukan dengan modal mulai dari 3 juta sampai 10 jutaan. Sedangkan waralaba skala besar membutuhkan modal puluhan juta.

  • Bisnis bidang agrobisnis

Agrobisnis menjadi peluang usaha yang baik bagi pensiunan. Memiliki cukup banyak waktu luang bisa Anda memanfaatkan untuk menanam dan memelihara aneka tanaman untuk dikonsumsi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Anda bisa mencoba memanfaatkan area yang terbatas untuk hidroponik. Anda tidak perlu ikut membajak sawah atau mengolah kebun sendirian. Jadilah konseptor dengan mengajak orang lain untuk bekerja kepada Anda. 

  • Bisnis bidang peternakan

Bisnis di bidang peternakan cukup menarik untuk dikerjakan setelah pensiun. Bidang usaha ini memiliki segmentasi pasar yang cukup bagus mengingat kebutuhan terhadap daging hewan ternak juga tetap tinggi. Persiapan yang bisa Anda lakukan adalah dengan belajar secara langsung ke para ahli ternak ketika Anda masih menjadi pegawai kantoran. 

Tidak usah takut untuk memulai suatu bisnis. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menjalani bisnis Anda, Anda dapat bergabung dengan Temindo. Temindo siap untuk membantu menyediakan solusi otomasi untuk bisnis Anda.

Sumber: https://elshinta.com/news/154630/2018/09/03/peluang-usaha-yang-bisa-dilakukan-setelah-pensiun

Posted on

Peluang Bisnis yang Sering Disepelekan

Terlalu banyak jenis peluang bisnis yang bisa dijalani membuat orang berlomba-lomba untuk membangun bisnis mereka. Tapi, membangun dan menjalankan suatu bisnis itu tidak bisa sembarangan. Jika Anda sembarangan dalam membangun dan menjalani suatu bisnis Anda, bisa-bisa Anda malah mengalami kerugian.

Ingin terjun ke dalam dunia bisnis tapi bingung mau bisnis apa? Mungkin tiga peluang ini bisa dijadikan pilihan. Meski sering disepelekan, namun sebenarnya bisnis ini berpeluang cerah di masa depan. Apa saja?

  • Bisnis kuliner sehat

Saat ini banyak sekali orang yang ingin mencoba untuk bergaya hidup sehat. Padatnya pekerjaan yang dijalani membuat mereka tidak lagi sempat memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang mereka konsumsi. Maka dari itu, hal ini bisa menjadi peluang bisnis. Anda bisa memulai untuk membuat bisnis kuliner sehat yang dilengkapi dengan perhitungan nutrisi dan kalori yang akan dikonsumsi, dijamin pasti akan banyak yang tertarik.

  • Traveling

Perlahan tapi pasti, traveling menjadi gaya hidup yang diadopsi oleh masyarakat masa kini. Anda bisa melihat peluang menjanjikan di sini. Anda bisa membuka usaha mandiri yang bergerak dalam bidang travel. Anda pun dapat mengajak beberapa teman untuk mendirikan usaha bersama.

  •  Laundry

Bisnis laundry mungkin terkesan bukan sebuah bisnis yang mewah. Tapi siapa sangka kalau ternyata bisnis laundry itu adalah bisnis yang paling dibutuhkan, apalagi buat mahasiswa yang tinggalnya di kost-an. Selain itu, buat orang-orang yang tidak lagi sempat untuk menyuci dan menyetrika bajunya sendiri dirumah pasti akan sangat terbatu dengan adanya bisnis laundry.

Tidak usah takut untuk memulai suatu bisnis. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menjalani bisnis Anda, Anda dapat bergabung dengan Temindo. Temindo siap untuk membantu menyediakan solusi otomasi untuk bisnis Anda.

Sumber: https://www.bantennews.co.id/ide-bisnis-yang-sering-dicibir-tapi-aslinya-hasilkan-banyak-uang-mau-coba/

Posted on

Perluaslah Visi Anda untuk Membangun Bisnis Global


Anda mungkin sering berurusan dengan keyakinan yang membatasi diri dan membuat Anda tidak bisa melihat apa yang mungkin terjadi. Sebagian besar dari kita hanya berani menetapkan tujuan yang nyaman saja. Anda dapat membangun bisnis yang nyaman yang dapat memberikan hasil cukup untuk membuat Anda menjalani kehidupan yang nyaman. Tapi kita hidup di era informasi digital dengan peluang tak terbatas untuk menjangkau pelanggan dan berbisnis di tempat-tempat yang memiliki miliaran pelanggan potensial.

Keempat hal ini dapat membantu Anda untuk bisa memperluas visi Anda dan memanfaatkan peluang yang ada di sekitar Anda,

  • Anda dapat memiliki jangkauan lebih banyak dengan pengeluaran dan upaya yang lebih sedikit

Anda dapat membangun daftar email, mengembangkan jaringan media sosial Anda, membangun koneksi lokal, mendapatkan paparan media dan bermitra dengan pengusaha sukses lainnya. Sebagian besar merupakan strategi gratis atau berbiaya rendah untuk meningkatkan jangkauan Anda dan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Anda dapat memasarkan bisnis Anda ke khalayak global semua dari kenyamanan rumah Anda.

  • Anda dapat membangun bisnis global dengan tim virtual.

Saat ini, Anda dapat menyewa asisten virtual dan freelancer online. Anda dapat membuat seluruh tim yang Anda pimpin melalui laptop dan perangkat lunak Anda. Tim ini dapat mengambil tugas yang memungkinkan Anda untuk menskala bisnis Anda dengan cepat. Anda dapat mengambil proyek dari perusahaan di seluruh dunia. Menciptakan tim semacam ini tidak semahal mempekerjakan tim fisik. 

  • Sesuatu akan selalu lebih rumit dalam pikiran kita.

Jadikan pemikiran Anda yang terkait dengan tujuan besar Anda menjadi nyata. Anda dapat melatih pikiran Anda untuk kembali ke keadaan puncak ketika mulai keluar dari batas. Jangan biarkan pikiran keraguan atau ketakutan menumpuk di pikiran Anda. Berhentilah membatasi visi Anda, biarkan emosi mengendalikan Anda. Mimpilah lebih besar!

  • Tidak ada yang menghentikan Anda dari hal yang menakjubkan yang pantas Anda dapatkan.

Harga diri dan kepercayaan diri dapat menjadi dua area yang memiliki pengaruh besar pada wirausahawan. Itu memengaruhi segala sesuatu mulai dari tindakan yang Anda lakukan terhadap apa yang Anda hargai pada produk dan layanan Anda. Jalan menuju kesuksesan dimulai dengan Anda mengakui bahwa Anda layak mendapatkan hal-hal yang baik dan banyak lagi. Ada banyak peluang di sekeliling Anda, jangan membatasi apa yang Anda pikir untuk bisnis Anda. Bangun bisnis Anda menjadi lebih besar. Miliki visi besar untuk semua hal yang akan Anda capai dan kemudian mulai bekerja. Tidak ada yang menghentikan Anda untuk membangun bisnis yang sukses secara global.

Nah, jika Anda bisa memperluas visi Anda dan bisa memanfaatkan peluang yang ada disekitar Anda, dijamin bisnis Anda akan berjalan dengan lancar, dan jika Anda masih merasa kesulitan dengan menjalankan bisnis Anda, Anda dapat bergabung dengan Temindo. Temindo siap untuk membantu menyediakan solusi otomasi untuk bisnis Anda.

Sumber: https://www.entrepreneur.com/article/320475

Posted on

Inilah Cara Melihat Ide Bisnis Anda Berpotensi atau Tidak

Ide bisa datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, sebagian besar ide yang buruk dapat dikenali secara cepat, tapi tidak semua ide “baik” diciptakan sama. Dalam teori, ide yang “baik” adalah salah satu ide yang bisa memecahkan masalah dengan mahir, tanpa ada kerugian besar. Namun tidak semua ide bagus dapat mempertahankan bisnis yang baik.

Misalnya ide Anda, meskipun bagus mungkin tidak efektif secara biaya, sehingga mencegah Anda menghasilkan laba yang berharga. Jika Anda memiliki ide yang bagus, tetapi Anda tidak yakin apakah ide itu berkelanjutan sebagai fondasi untuk bisnis nyata, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan seperti ini:

1. Apakah Anda menyelesaikan masalah umum?

Kunci pertama di sini adalah Anda benar-benar menyelesaikan masalah dan tidak memperkenalkan beberapa fungsi baru yang tidak dibutuhkan siapa pun. Kunci kedua adalah masalah yang Anda pecahkan bisa tersebar luas. Anda dapat melakukan riset pasar untuk mendukung ide Anda di sini, tetapi untuk saat ini, eksperimen pemikiran akal sehat akan memberi tahu Anda apakah ide Anda solid.

2. Apakah orang akan membayar untuk solusi Anda?

Mengikuti aturan yang sama seperti pertanyaan di atas, Anda dapat melakukan riset pasar untuk mendapatkan jawaban pasti, tetapi hanya memikirkan pertanyaan ini dalam pengaturan praktis. Bayangkan Anda tidak muncul dengan ide ini dan sebaliknya, dan seseorang datang kepada Anda dengan itu. Apakah Anda bersedia membayar orang itu untuk produk atau layanan ini? Dan berapa banyak yang akan Anda bayarkan? Kedua pertanyaan ini akan segera memberi tahu Anda apakah ide ini berpotensi menghasilkan uang sungguhan.

3. Apakah ide Anda dapat terukur?

Menghasilkan uang, percaya atau tidak, hanyalah langkah pertama dari proses itu. Untuk berkembang sebagai bisnis, ide Anda harus memiliki ruang untuk berkembang, istilah untuk ini adalah skalabilitas. Bisakah ide Anda berkembang secara bertahap ke pasar baru? Bisakah Anda datang dengan model baru yang lebih baik? Dapatkah Anda memperluas bisnis Anda ke area lain untuk menghasilkan lebih banyak uang? Jika ide Anda tidak dapat diskalakan, dan itu hanya bisa ada dalam bentuknya saat ini, mungkin tidak layak untuk mengejar bisnis.

4. Apakah orang lain telah mengalahkan Anda?

Ini adalah pertanyaan penting untuk ditanyakan, dan satu pencarian cepat di Google dapat memberikan Anda jawaban langsung dan ringkas. Lihat apakah ada perusahaan lain yang sudah menggunakan ide Anda. Jika itu ide yang bagus, ada kemungkinan besar orang lain sudah memikirkannya. Jika Anda melihat setidaknya hanya ada satu pesaing dengan versi ide Anda yang sebagus atau lebih baik dari ide Anda, ide Anda mungkin tidak akan berkelanjutan.

5. Adakah yang bisa melakukan ini?

Bayangkan sejenak bahwa tidak ada orang lain yang melompati ide ini. Jika Anda memperkenalkannya kepada dunia dan mulai berbelanja di sekitar prototipe atau layanan awal, betapa mudahnya bagi orang lain untuk meniru ide Anda? Seberapa mudah bagi mereka untuk mengembangkan ide Anda? Jika ide Anda tidak unik, atau jika ide itu mudah disalin, maka akan memiliki peluang besar untuk dimanfaatkan oleh peniru dan pencuri gagasan yang bekerja dengan baik dalam batas-batas hukum.

6. Bisakah itu berlangsung selama lebih dari setahun?

Ini mungkin tampak seperti pertanyaan yang jelas tentang keberlanjutan, tetapi pikirkan secara kritis tentang sifat ide Anda. Apakah itu memanfaatkan tren atau tren saat ini? Jika ya, ingatlah bahwa mode biasanya tidak bertahan lama. Ide bisnis yang memanfaatkan bunga sekilas kebanyakan tidak berhasil malah sebaliknya, Anda membutuhkan sesuatu yang dapat memecahkan masalah jangka panjang dengan solusi jangka panjang.

Jika Anda dapat menjawab semua pertanyaan tersebut dengan percaya diri, dan didukung dengan riset yang luas, Anda akan memiliki peluang bagus untuk mengubah ide Anda menjadi bisnis yang sukses. Nah, kalau Anda mengalami kesulitan dalam menjalani bisnis Anda, Anda dapat bergabung dengan Temindo. Temindo siap untuk membantu menyediakan solusi otomasi untuk bisnis Anda.

Sumber: https://www.entrepreneur.com/article/246982

Posted on

Pesan dari CEO Amazon, Jeff Bezos Tentang Peluang Bisnis

CEO dari situs e-commerce Amazon, Jeff Bezos sangat mengetahui tentang menemukan peluang bisnis yang baik. Pada usia 30, ia meninggalkan keamanan pekerjaan tingkat tinggi di bidang keuangan untuk meluncurkan toko buku online Amazon. Setelah bertahun-tahun kemudian, kepekaan bisnisnya yang tajam telah mengubah perusahaannya menjadi e-commerce besar dengan kapitalisasi pasar $ 1 triliun.

“Jika pelanggan menyukainya, ia dapat tumbuh menjadi ukuran yang sangat besar, ia memiliki pengembalian modal yang kuat, dan tahan lama pada waktunya, dengan potensi untuk bertahan selama beberapa dekade,”

Jeff Bezos, 2014

Mampu mengidentifikasi peluang bisnis yang baik adalah keterampilan yang sangat berguna bagi wirausahawan, mengingat sebagian besar bisnis baru gagal. Kaum muda yang ingin menginvestasikan uang di pasar negara berkembang atau pencari kerja yang menimbang umur panjang perusahaan-perusahaan kecil juga dapat mengambil manfaat dari kebijaksanaan ini.

Tentu saja, pernyataan itu semua merujuk pada tiga inisiatif khusus Amazon pada saat itu, seperti marketplace, Prime, dan Amazon Web Services. Namun, ciri-ciri ini juga cocok dengan Amazon secara keseluruhan.

Jeff Bezos mengatakan setiap peluang bisnis yang bagus harus memiliki empat ciri-ciri seperti ini:

  • Pelanggan menyukainya
  • Dapat tumbuh hingga ukuran yang sangat besar
  • Pengembalian modal yang kuat
  • Tahan dalam waktu lama

Jika bisnis Anda memiliki ciri-ciri seperti yang disebutkan, itu berarti bisnis Anda memliki peluang untuk berkembang. Nah, kalau Anda ingin bisnis Anda bisa terus berjalan dengan lancar, Anda dapat bergabung dengan Temindo. Temindo siap untuk membantu menyediakan solusi otomasi untuk bisnis Anda.

Sumber: https://www.cnbc.com/2018/09/13/amazon-jeff-bezos-4-traits-a-good-business-opportunity-should-have.html

Posted on

Mengembangkan Model Bisnis yang Berfungsi

Apa langkah pertama dalam mencari tahu cara mengeksekusi ide besar Anda? Ya, itu adalah membuat model kerja untuk bisnis Anda.

Sebagian besar pengusaha mengubah model bisnis mereka sebanyak enam kali ketika mengerjakan bagian keuangan dari rencana mereka. Saat menjalankan angka, mereka mengidentifikasi perbedaan utama berkaitan dengan pendapatan dan pengeluaran. Mereka mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang diperlukan untuk mencapai titik impas dan bagaimana mencapai arus kas bebas. Sebagai hasilnya, mereka menghasilkan strategi yang lebih baik untuk mencapai hasil keuangan yang diinginkan.

Bagian terpenting dari proses perencanaan bisnis awal, dan orang yang paling sering diabaikan adalah membuat angka Anda untuk membuat alur yang masuk akal bagi Anda dan investor Anda. Jika Anda memulai di awal rencana hanya untuk belajar bahwa asumsi Anda tentang bisnis tidak bertambah setelah Anda mencapai akhir, Anda telah kehilangan waktu dan uang yang berharga

Terlepas dari apakah Anda sedang dalam mode startup atau pertumbuhan atau pindah ke tahap berikutnya dari bisnis Anda, kesalahan bisa jadi mahal, jadi inilah yang harus dilakukan:

  • Mulailah dengan halaman terakhir terlebih dahulu. Setelah memiliki pemahaman dasar tentang apa yang ingin dibangun, pasar, target pelanggan, peluang bisnis, dan produk, lalu menggali tepat ke angka dan membuat spreadsheet satu halaman sederhana dengan jelas yang mengidentifikasi bagaimana uang itu mengalir. Pada dasarnya, itu sama saja dengan menulis rencana bisnis ke belakang. Begitu angka sudah membuat alur yang sesuai dengan yang Anda inginkan, maka sisa dari rencana akan mengikuti dengan sendirinya.
  • Jangan menunggu! Jangan membuat proses ini menjadi lebih sulit daripada yang seharusnya. Batasi model Anda ke satu halaman, buat spreadsheet paling sederhana dan paling dasar yang dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi pendapatan, pengeluaran, titik impas, arus kas, dan modal yang diperlukan, untuk mencapai hasil Anda. Gunakan asumsi konservatif, dan jangan mengandalkan skenario terbaik.
  • Keluar dari kantor. Anda akan belajar lebih banyak tentang bisnis Anda dengan cara langsung terjun ke pasar, daripada Anda hanya duduk di belakang meja saja. Itu berarti menghubungi orang-orang dalam industri untuk mempelajari lebih lanjut tentang pasar, berbicara dengan calon pelanggan tentang kebutuhan mereka, dan menguji produk dan layanan pesaing Anda.
  • Berhati-hatilah dengan siapa yang Anda dengarkan. Ketika Anda membuat model bisnis Anda, orang-orang yang umpan baliknya paling penting adalah yang menjadi pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Dengarkan apa yang mereka katakan dan terapkan apa yang Anda pelajari ke model Anda.
  • Jangan membuang umpan balik negatif. Terkadang sulit untuk menyerap umpan balik negatif dalam kerangka pemikiran yang konstruktif karena kita begitu dekat dengan proyek-proyek kita dan memiliki begitu banyak hal yang harus dihubungi. Namun, umpan balik yang jujur ​​dan terdidik itu seperti emas, dan gunakan itu untuk membuka pikiran Anda dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan sulit tentang asumsi Anda. Anda harus obsesif berkomitmen untuk menanyakan apa yang dapat Anda pelajari dari umpan balik ini dan bagaimana Anda dapat menerapkannya.
  • Terbuka terhadap apa yang dikatakan angka-angka itu. Hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah mencoba memanipulasi model agar sesuai dengan asumsi Anda. Anda perlu mendekati model keuangan Anda dengan pikiran yang sepenuhnya terbuka. Dengan bersikap terbuka, Anda akan dapat membuat perbedaan, menerapkannya ke bisnis Anda, dan mengarahkan diri Anda kepada jalur menuju kesuksesan.

Nah, dengan mengikuti tips tersebut dijamin bisnis Anda akan berjalan dengan lancar, dan jika Anda masih merasa kesulitan dengan menjalankan bisnis Anda, Anda dapat bergabung dengan Temindo. Temindo siap untuk membantu menyediakan solusi otomasi untuk bisnis Anda.

Sumber: https://www.entrepreneur.com/article/318180